Ketua Pokjaluh Kemenag Mesuji mengikuti Pembinaan Paham Keagamaan

Mesuji (Humas) – Ketua Kelompok Kerja Penyuluh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mesuji Muhammad Jumaeri, mengikuti Pembinaan Paham Keagamaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Tahun 2023, yang dilaksanakan dari senin 29 sd rabu 31 Mei 2023, di Hotel Alvia. (30/05/2023).

Dalam Materi Kebijakan Kanwil Kementerian Agama dalam Pembinaan Paham Keagamaan, Waldi Mahbuba sebagai pemateri menyampaikan “Ketika program Moderasi Beragama disosialisasikan dari tahun 2019 sampai 2022, konflik sosial masih terus terjadi di indonesia. Ada 84 konflik keagamaan yang terjadi dalam empat terakhir yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu : Konflik antar umat beragama dan Konflik intra-umat beragama”, Jelas nya.

Adapun Pengertian Umum dalam Bina Paham Keagamaan dan Penanganan Konflik (BPKI-PK) yaitu : Moderasi Beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawentahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanuasiaan dan membangun kemaslahatan umum, berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa”, Untuk itulah Kementerian Agama memiliki tugas penting untuk menjadi agen revolusi konflik dan bina damai melalui program penguatan moderasi beragama. (ba/m)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *