Pembinaan Takmir Masjid, Kasi Bimas sampaikan Pentingnya Memahami Tipologi Masjid

Mesuji (Humas) – Memasuki agenda di hari ke dua dalam rangka Pembinaan Takmir Masjid Kabupaten Mesuji, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mesuji Darul Alipi, kembali menjadi narasumber dalam agenda tersebut, bertempat di Aula Balai Desa Buko Poso Kecamatan Way Serdang. (15/11/2023)

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, bagian Kersa Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji dan tamu undangan lainya, pada saat memberikan materi Darul Alipi menyampaikan materi tentang Standar Pembinaan Manajemen Masjid, ia menjelaskan tipologi masjid ada sembilan diantaranya, Masjid negara, Masjid Nasional, Masjid raya, masjid agung, masjid besar, masjid jami, masjid bersejarah, masjid di tempat publik, musolla.

Darul mengatakan, bahwa struktur organisasi kepengurusan masjid terdiri pembinaan Idarah (pembinaan organisasi dan administrasi), Imarah (pembinaan kemakmuran), Ri’ayah (pemeliharaan fisik masjid), kemudian ia menambahkan bahwa masjid harus dipandang sebagai benda bergerak, dalam artian masjid harus diijalankan berdasarkan kepentingan umat, oleh karena itu harus berorientasi kepada hal yang dapat menggerakan ekonomi keumatan. Jelas darul saat menyampaikan materi. (ba/m)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *