Hari kedua (Rakernas) Kemenag RI, Kepala Kemenag Mesuji siap Tindaklanjuti Hasil Rakernas Kemenag Tahun 2024

Mesuji (Humas) – Memasuki hari kedua, bertempat di Gedung PLHUT Kemenag Mesuji, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mesuji Johan Yusuf didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha Ma’ruf, kembali mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag Tahun 2024 secara Daring,  diikuti Para Kasi, Kepala KUA Kecamatan Se-Kabupaten Mesuji, Kepala Madrasah MIN, MTsN, MAN, Pokjawas dan Pokjaluh. (06/02/2024)

Kepala Kemenag Mesuji Johan, mengungkapkan bahwa Rakernas ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Kemenag Tahun 2023 dan merumuskan program kerja Tahun 2024. Rakernas ini merupakan momentum penting untuk melakukan refleksi dan proyeksi terhadap kinerja Kemenag. Selain itu, Sebagaimana yang disampaikan Menteri Agama, kami Kemenag Mesuji siap dalam melaksanakan transformasi untuk menghadapi tantangan kedepan, Kemenag tidak hanya sekedar melakukan perubahan struktural atau prosedural semata-mata namun harus mencakup pembaharuan dalam pola pikir, budaya kerja serta penggunaan teknologi informasi. Hal itu berguna memperkuat kapasitas dan efektifitas Kemenag dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jelasnya

Adapun kegiatan Rakernas dihari kedua ini terdiri dari lima sesi, yaitu sesi V : tentang Kontribusi Peran Agama Dalam Program Prioritas Presiden, Rasionalisasi Anggaran Fungsi Agama Dan Pendidikan Keagamaan, Narasumber Menteri Keuangan, Moderator Kepala Biro Keuangan dan BMN. Selanjutnya Sesi ke VI : Rancangan Teknokratik (RPJPN) Menuju Indonesia Emas 2045 Bidang Keagamaan, Narasumber  Menteri PPN/Kepala BAPPENAS, Moderator Kepala Biro Perencanaan.

Untuk sesi VII : Kontribusi Fungsi Agama Pada Pada Capaian Reformasi Birokrasi Tematik, Narasumber Menteri PAN –RB, Moderator Kepala Biro Ortala. Sesi VIII : Percepatan Transformasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, Narasumber Menteri Kominfo, Moderator Kepala Biro HDI. Dan Sesi IX tentang Transformasi Layanan Keagamaan, Narasumber 1. Ombudsman RI, 2. Ketua Umum PBNU , Moderator Tenaga Ahli Menteri Agama Bidang Analisis Pengembangan Kementerian Dan Lembaga.

Kemudian agenda dilanjutkan dengan Sidang Komisi, Komisi 1 tentang layanan keagamaan, Komisi 2 : Layanan Pendidikan Agama dan Keagamaan, Komisi 3 : Tata Kelola Akuntabilitas dan Pengawasan. Dan Penyampaian Rekomendasi Hasil Rakernas 2024 dan Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Hasil Rakernas 2024, terakhir Penutupan yaitu Laporan Penyelenggaraan Rakernas 2024 oleh Sekretariat Jenderal dan Arahan dan Penutup Rakernas 2024 oleh Wakil Menteri Agama dengan Materi : Highlighted Issues Agama dan Keagamaan 2024. (ba/m)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *