Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Ciptakan Jemaah Haji Mandiri

Mesuji (Humas) – Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun kembali digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mesuji melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah pada selasa pagi (30/08/2022) berlokasi di Aula Hotel Adzam Desa Brabasan yang diikuti 50 perserta calon Jamaah Haji yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Mesuji.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mesuji Drs. H Karwito, M.M., yang saat itu bertindak sebagai pembuka acara sekaligus pemateri menjelaskan bahwa Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun diadakan dengan tujuan agar menjadikan Jamaah Haji lebih mandiri sebagaimana yang disebutkan dalam UU No 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji.

Sebagaimana perintah Nabi, Haji merupakan ibadah yang berat sehingga butuh persiapan, selain persiapan diperlukan juga kemandirian. Kemandirian ditekankan agar Jamaah kita tidak hanya ikut-ikutan saja saat beribadah, namun mereka memahami esensi dari ibadah yang sedang dikerjakan, hal lain ialah apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan mereka sudah mandiri maka hal tersebut mudah saja diatasi” ujar Karwito

Menurut Karwito, kemandirian dalam beribadah haji dibagi menjadi tiga, pertama adalah kemandirian Spiritual, adapun tatacara beribadah adalah termasuk didalamnya, kedua adalah kemandirian finansial, mengingat ibadah ini membutuhkan biaya yang besar sehingga kemandirian finansial sangat penting. Ketiga adalah kemandirian sosial, hal ini diperlukan untuk mempermudah ibadah.

Agenda tersebut selain dihadiri Kankemenag Kab. Mesuji juga dihadiri oleh Subkor Haji Reguler dan Advokasi Haji Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Akhor Wiwit Sudiono, S.Ag.M.M., yang juga bertindak sebagai pemateri, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Aziz Basuki, S. Th.I. Kepla Dinkes Kabupaten Mesuji H. Suyono, S.KM.,M.Kes. (r/m)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *